Menyusutkan Badan Dengan Pendidikan Gizi

Menyusutkan Badan Dengan Pendidikan Gizi

Menyusutkan Badan Dengan Pendidikan Gizi

Penurunan berat badan dengan senam irobik, renang dan joking diangap tepat, asalkan dibarengi dengan pendidikan gizi.

Pada saat ini, wanita cenderung menurunkan berat badan tubuhnya bukan hanya untuk tujuan kesehatan, tetapi lebih condrong agar memiliki penampilan yang menarik atau agar dapat tampil lebih cantik.

Energi yang berasal dari makanan sehari-hari jauh melebihi apa yang kita butuhkan tubuh, sehinga kelebihan-kelebihan energi in disimpan sebagai lemak. Adapun lemak tubuh itu berbahaya, karena kaitanya dengan penyakit-penyakit generatif, seperti jantung, pembluh darah, kencing manis, serta mempengaruhi fungsi lever.

Oleh karena itu, pemberian pendidikan gizi merupakan hal utama dalam program penurunan berat badan, karena didalmnya mencakup pengarahan cara makan, diet, dan terapi dari pada modifikasi prilaku.

Diet yang dimaksud disini, bukan sebarang mengurangi jumlah kalori dari makanan. Jadi Untuk menjalani satu sistem diet harus dilakukan pemeriksaan lebih dulu mengenai kebutuhan kalori seseorang, kemudian diadakan defisit kalori.

Oleh karna itu, defisit bisa banyak karena dikombinasikan dengan olah raga. Misalnya, seseorang yang kebbutuhanya 2000 kalori, di sarankan diet hanya 1700 kalori, berarti difisit kalorinya 300. Namun, dokter olah raga akan membantu memberikan difisit dari olah raga 300 misalnya. Dengan demikian, jumlah seluruh difisit menjadi 600 kalori. Dengan sistim koombinasi antara diet dengan olah raga, maka dengan sendirinya sipasien itu tidak merasa lapar. Pola makan yang diterapkan sesiuai kebiasaan sehari-hari. Hanya saja porsi makan diperkecil dan jarak menyantap makanan sekitar 3jam sekali. Perinsip pemberikan makanan tetap harus mengandung zat-zat gizi, zat membangun, zat tenaga, dan zat pengatur, yaitu vitamin dan memeral.

Penurunan berat badan tubuh yang ideal sebanyak 4 kg sebulan, Ada juga ahli berpendapat  bahwa penurunan berat tubuh 1,5% dari berat badan dalam 1 minggu.

Peenurunan berat badan secara umum, sebaiknya dilakukan selesai masa pertumbuhan sampai tidak ada batasnya. Bagi mereka diusia remaja. penurunan harus 4 kg dalam satu bulan, sedangkan untuk usia atas 40 tahun, paling tidak harus sekkitar 1kg sebulan.

Memang, pada awal melakukan program penurunan berat badan akibat porsi makanan dikuranggi akan mengakibatkan badan terasa lemas. Nah, untuk mengatasinya, badan harus diigerakan agar energi cadangan dalam tubuh terbakar sehinga kadar gula naik dan badanpun akan segar kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>